6 Jenis Obat Bubul Ayam Mujarab dan Cara Penggunaannya


Agen Sabung Ayam - Bubul Ayam merupakan salah satu jenis masalah kesahatan yang sering di alami oleh ayam bangkok di bagian kaki. Bubul ayam terjadi karena akibat adanya infeksi bakteri pada kaki ayam yang terluka. Setelah di adu, telapak kaki ayam biasanya akan mengalami luka. Jika di biarkan luka tersebut akan terinfeksi oleh bakteri, apalagi kandang yang di tinggali ayam tersebut kotor dan jarang di bersihkan.

Kaki bubulan pada ayam akan sangat berbahaya bagi ayam karena bisa menyebabkan ayam mengalami cacat permanen. Oleh karena itu, pengetahuan mengenai cara penanganan dan jenis Obat bubul ayam perlu di pelajari secara seksama.

Obat Bubul Ayam

Bubul pada kaki ayam dapat di obati dengan beberapa obat. Berikut adalah beberapa obat bubul ayam serta cara menggunakannya.

1.Garam dan Deterjen

Pertama obat yang bisa anda gunakan pada bubul ayam adalah Deterjen atau garam. Pengobatan ini sebenarnya cukup efektif apabila di terapkan pada bubul yang masih belum terlalu parah. Caranya siapkan Comberan atau lumpur, kemudian isi menggunakan air garam atau air deterjen bekas cucian. Setelah ayam di mandikan pada pagi hari, jemur ayam di atas kubangan lumpur tersebut. Bubul yang mengeras akan rontok pada sore harinya.

2.Obat Kutil
Obat kutil juga bisa di manfaatkan sebagai obat bubul pada kaki ayam, terutama yang bermerk Colomac. Cara penggunaannya adalah bersihkan kaki ayam yang terserang bubul terlebih dahulu, lalu usap menggunakan alkohol, kemudian olehkan bagian kaki yang bubulan menggunakan obat kutil Colomac. Tutup bagian yang terluka menggunakan plester. Biarkan beberapa hari dan usahakan alas kandang si ayam terasa empuk dengan menambahkan sekam atau jerami.

3.Counterpain

Obat kram otot seperti counterpain juga bisa di manfaatkan sebagai obat bubul pada kaki ayam. Penggunaannya cukup dioleskan pada bagian kaki ayam yang terserang bubul. Pegang kaki ayam selama 5 menit hingga krim yang di oleskan menempel kering, kemudian masukkan ayam kedalam kandang yang alasanya sudah di lapisi dengan sekam padi atau jerami.

4.Koyo Cabe


Beberapa botoh biasanya mempunyai resep sendiri dalam mengobati bubul ayam. Mereka menggunakan Koyo Cabe untuk menutupi luka bubul pada kaki ayam. Koyo tersebut di ganti 3 kali sehari dan setelah 2x penggantian , bubul ayam sudah kering dan membaik. Anda bisa mencoba cara sederhana ini, Koyo Cabe relatif lebih mudah di dapat dibandingkan dengan obat bubul ayam lainnya.

5.Paku Bakar

Untuk Luka Bubul ayam yang sudah parah, beberapa botoh menyarankan penggunaan paku bakar sebagai obat bubul pada ayam. Paku yang berukuran seperti luka bubul di bakar hingga panas, kemudian di tempelkan ke mata bubul hingga ayam merasa kepanasan dan menghentakkan cakarnya. Pengobatan ini di lakukan setiap hari selama 3 hari berturut-turut atau hingga bubul pada ayam benar-benar pulih.

6.Operasi Bedah


Nah dan Cara terakhir yang bisa di lakukan dalam pengobatan bubul ayam adalah dengan melakukan operasi sederhana. Cara ini mungkin merupakan cara yang benar-benar ampuh, akan tetapi sebaiknya cara ini diterapkan jika cara-cara yang lain sudah di coba tetapi tidak membuahkan hasil.

Operasi yang sederhana ini dapat kita lakukan jika sudah melengkapi peralatan yang di butuhkan. Peralatan yang di butuhkan antara lain yaitu silet, alkohol, kapas, kain kasa, jarum, benang, dan betadine.

Setelah Peralatan sudah lengkap, barulah prosedur operasi pengobatan bubul ayam bisa di laksanakan. Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:
  1. Kaki ayam yang bubulan di pegang secara terbalik menghadap ke atas untuk kemudian bisa di sterilkan menggunakan alkohol.
  2. Benjolan bubulan yang sudah di bersihkan kemudian di lukai atau di iris menyilang berbentuk huruf X menggunakan Silet. Sebaiknya silet yang di gunakan adalah silet yang baru agar tidak terjadi infeksi.
  3. Setelah itu pencet lah bubul yang sudah di iris hingga nanah dari kaki keluar semua. Jika ada darah yang keluar, bersihkan menggunakan kapas.
  4. Setelah isi bubul sudah keluar semua dan bersih, olehkan betadine secukupnya pada bekas sayatan.
  5. Bila sayatan terlalu besar karena ukuran bubul ayam yan besar, ada baiknya anda menjahitnya terlebih dahulu menggunakan jarum dan benang.
  6. Setelah itu, tutup luka jahitan menggunakan perban. Biarkan selama seminggu dan periksa. Oleskan kembali betadine dan tutup lukanya jika masih belum mengering dan lakukan kembali secara terus menerus hingga luka bubul benar-benar sembuh.
Demikianlah bebarapa Obat bubul pada ayam yang bisa anda terapkan dalam menyembuhkan bubul ayam bangkok kesayangan anda. Segera atasi bubul pada ayam bangkok kesayangan anda sebelum terlambat, Janganlah ragu, jika tidak ayam bangkok kesayangan anda akan mengalami cacat.

No comments

Powered by Blogger.